Lakukan Cara ini untuk Pencegahan DBD Disekitar Kita

Lakukan Cara ini untuk Pencegahan DBD Disekitar Kita

DBD atau Demam Berdarah Dengue merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit menular ini berasal dari nyamuk bernama Aedes Aegypti yang membawa virus dengue. Demam berdarah apabila tidak segera diobati maka bisa menimbulkan sejumlah dampak buruk. Untuk itu, untuk menghindari kemungkinan terkena penyakit ini, Anda harus tahu sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mencegahnya. Berikut adalah beberapa upaya pencegahan dbd yang sederhana namun sangat berguna.

5 Upaya Pencegahan DBD

1. Membersihkan Wadah Penampungan Air

Setiap rumah biasanya memiliki wadah penampungan air. Membersihkan wadah tersebut secara rutin bisa mencegah nyamuk DBD berkembang biak. Lakukan pengurasan air dan bersihkan sejumlah wadah yang ada hingga benar-benar bersih. Sejumlah perabotan seperti misalnya pot, kaleng, ember, vas, kaleng, dan sejenisnya juga perlu dibersihkan. Barang-barang itulah yang menjadi tempat favorit bagi nyamuk. Sebelum menjadi sarang, maka bersihkanlah setidaknya dua kali dalam seminggu. Jika sudah dibersihkan maka tutuplah wadah itu sampai rapat. Bila perlu buang saja wadah yang sekiranya tidak dipakai lagi. Dengan begitu wadah tersebut tidak akan menjadi tempat air tergenang yang bisa mengundang nyamuk.

2. Kuras Bak Mandi

Selain wadah, bak mandi juga menjadi titik lain yang harus dibersihkan. Setidaknya bersihkanlah dengan mengurasnya sebanyak sekali dalam seminggu. Apabila tidak dibersihkan maka nyamuk bisa berkembang biak di sana. Siklus perkembangbiakannya juga terbilang cepat yakni hanya 10 hari saja. Biasanya nyamuk betina akan bertelur di dinding bak. Dinding bak yang penuh air itu akan menetaskan larva nyamuk. Seiring berjalannya waktu maka larva tersebut bertumbuh besar menjadi seekor nyamuk. Langkah sederhana pencegahan DBD ini terbilang efektif untuk menghindari perkembangbiakan hewan tersebut.

3. Berhenti Menggantung Pakaian

Pakaian yang baru dipakai sebentar biasanya akan digantung untuk kemudian dikenakan lagi. Sebenarnya hal ini tidak apa-apa asalkan waktu menggantungnya tidak lama. Untuk mendukung pencegahan DBD, maka hentikan kebiasaan yang satu ini. Baju yang menggantung akan disukai nyamuk karena memang hewan tersebut suka aroma tubuh dari manusia. Apabila memang ingin mengenakan lagi pakaian yang baru saja dipakai, lipat saja dan letakkan di suatu tempat yang tertutup. Hal itu bisa mengurangi populasi nyamuk di rumah Anda.

4. Gunakan Lotion Anti Nyamuk

Pencegahan DBD dengan menggunakan lotion anti nyamuk tidak ada salahnya dicoba. Lotion tersebut bisa dipakai baik saat Anda berada di dalam maupun luar ruangan. Dalam menggunakan lotion, pilih saja yang mempunyai aroma lemon, serai, peppermint, geranium, atau lavender. Wewangian tersebut tidak disukai oleh nyamuk. Oleskan hanya pada kulit yang tidak tertutupi baju atau celana.

5. Jangan mengoleskannya ke wajah.Gunakan Kelambu

Kelambu memang terdengar kuno dan ketinggalan zaman. Pemakaian kelambu di sekeliling tempat tidur adalah pilihan yang tepat. Kelambu bisa mencegah nyamuk mendatangi tubuh Anda. Akan tetapi jika Anda tidak ingin memakai kelambu maka pasang saja kasa di semua lubang ventilasi rumah Anda. Kasa sendiri jenisnya beragam. Anda bisa memilih jenis magnet, kawat, ataupun jaring-jaring. Semuanya sama efektifnya untuk menghalau nyamuk.

Kelima upaya pencegahan DBD tersebut terbilang sederhana dan mudah dilakukan. Asalkan Anda melakukannya dengan rutin maka nyamuk tak akan datang ke tempat tinggal. Maka dari itu, perhatikanlah keadaan sekitar dan jagalah selalu kebersihan. Jika memang ada salah satu anggota keluarga yang ternyata sudah terkena demam berdarah maka segeralah periksakan. Sekian penjelasannya semoga bisa menambah informasi bagi Anda.

Share this post

Post Comment