Taman Nasional Lorentz Papua Terbesar di Asia Tenggara

Ingin tahu keanekaragaman hayati bagaimana kaya Indonesia? Taman Nasional Lorentz bisa menjadi jawabannya. Daerah yang memiliki luas 25 kilometer persegi dan merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Yang membuat mereka tujuan wisata karena alamnnya kekayaan mengagumkan.Tercatan hidup 639 jenis burung dan 123 jenis mamalia di sini. Jenis burung khas dari nya dua Kasuri, empat megapoda, 31 jenis burung merpati, 30 jenis burung beo, 13 jenis burung udang, 29 jenis madu burung, dan 20 spesies endemik burung ekor surga panjang (Paradigalla caruneulata) dan salju puyuh (Anurophasis monorthonyx).

taman nasional lorentzAda juga mamalia, termasuk babi moncong tulang (Zaglossus bruijnii), moncong babi tulang pendek (Tachyglossus aculeatus), dan empat jenis kuskus, walabi dan hutan kucing dan kanguru pohon. Selain itu, daerah ini merupakan salah satu dari tiga wilayah di dunia yang memiliki gletser, meskipun jatuh di dunia tropis.

 

Untuk mencapai Taman Nasional Lorentz bisa ditempuh dengan berbagai jalur. Dari kota Timika ke arah utara kawasan dapat menggunakan penerbangan perintis. Sedang jika ingin menuju arah selatannya dapat menggunkan kapal laut melalui pelabuhan Sawa Erma.

 

Daerah  yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Alam Dunia oleh Unesco dan warisan Alam Asean oleh negara negara asean ini, cocok bagi Anda yang gemar berpetualang. Rasa lelah dan penat niscaya hilang seketika begitu menyaksikan pemandangan alamnnya yang menakjubkan.

Share this post

Post Comment